Posted in article, beautiful, curhat, story

Satu Cerita Tentang Ribuan Kata


maxresdefaultApalah arti sebuah kata ketika ribuan kata bisa terangkai dan menjadi sebuah tulisan dengan arti yang berlimpah.

Seorang pria telah berkarya selama 25 tahun, menghasilkan ribuan rangkaian kata seperti air yang mengalir. Dialah Hideto Takarai, lahir di Osaka, Jepang 46 tahun yang lalu. Di balik personanya, Hyde, dia melahirkan begitu banyak rangkaian kata yang dia tulis untuk lirik dari sebuah lagu. Bersama L`Arc~en~Ciel, sebuah band yang terbentuk di tahun 1991, Hyde telah menciptakan masterpiece yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun.

Dibesarkan di Osaka oleh keluarga sederhana, Hyde tertarik pada musik sedari kecil. Tumbuh dewasa, dia mulai belajar alat musik dan pernah sekali menjadi guru instrumen drum. Setelah cukup umur akhirnya Hyde bergabung dengan beberapa band diantaranya Jerussalem Rod dimana dia memainkan instrumen gitar. Tak lama, Hyde direkrut oleh Tetsu untuk membuat sebuah band bersama dengan dua personil lainnya. Band tersebut dinamakan L`Arc~en~Ciel (Pelangi di Langit) dan disini Hyde berperan sebagai vokalis.

Awal tahun 90an adalah masa jaya Laruku dengan lagu-lagunya yang mengusung genre visual key namun dengan warna yang berbeda dari band yang sudah ada. Kebanyakan dari lagu-lagu yang diciptakan oleh Laruku, Hyde menulis liriknya.

Dalam lirik yang ditulis oleh Hyde terdapat begitu banyak arti kata yang ambigu. Seperti telah diselaraskan bahwa jika tidak ambigu bukan karya Hyde. Perlu waktu yang cukup lama untuk memahami apa yang tersurat dalam lirik lagu Laruku, walaupun jika kita sudah memahaminya, tulisan itu ternyata hanya sebuah tulisan sederhana. Bukan konotasi extravagant seperti yang pertama terlintas dalam benak.

Aliran tulisan yang diusung oleh Hyde berkaitan erat dengan surrealisme. Dimana kata-kata yang digunakannya adalah gabungan dari ilusi dan kenyataan, yang dia rangkai sedemikian rupa untuk menjadi satu tulisan utuh yang membawa pendengar pada dua dunia. Terkadang ilusi dan kenyataan itu diputar balik sehingga kita dibawa pada satu dilema, apakah hal yang ditulisnya itu mengacu pada kenyataan atau hanya ada dalam mimpi. Lagu: Ibara no Namida, The Black Rose, Butterfly`s Sleep, dll.

Hyde juga telah banyak menulis lirik dengan aliran romantisme, satu faktor yang membuat banyak wanita jatuh hati ketika Hyde membawakan lagu seperti itu. Hyde tidak canggung menyisipkan kata-kata `sayangku` atau `cintaku`- dalam bahasa Jepang tentunya, karena lirik dengan kata my baby sudah tidak ada maknanya lagi – dalam lagu bernuansa romantisnya. Vokalis ini begitu menganggungkan nama cinta ketika dia menulisnya. Lagu: Natsu no Yuuutsu, Hitomi no Juunin, Joujoushi, My Dear, dll.

Walaupun tidak begitu banyak, namun Hyde juga sering menulis lirik dengan tema perselisihan dan perdamaian. Dia menulis lirik seperti ini sebagai tanda bahwa dia masih peduli terhadap dunia dan kehidupan sosial. Lagu: Forbidden Lover, Fate, Daybreak`s bell, dll.

Tentu saja semua lirik yang ditulis Hyde harus berhubungan dengan musik yang di aransemen. Bagaimanapun juga Laruku adalah kumpulan musisi hebat dengan level tingkat tinggi. Selain Hyde adalah Ken Kitamura, gitaris yang begitu berpengaruh dalam musik Laruku. Lirik yang dibuat oleh Hyde tentunya harus sesuai dengan melodi yang diciptakan oleh Ken, Tetsu (bass) ataupun Yukihiro (drum). Dalam hal itu Hyde tampaknya tidak punya masalah, siapapun yang membuat melodinya, dia bisa membuat liriknya. Ketiga personil Laruku juga menulis lirik untuk album, tapi akan langsung tersirat jika lirik tersebut Hyde yang menulis.

Tahun 2001, Hyde mengeluarkan album solo. Genre yang dia usung mengarah pada jazz rock. Semua lirik dan musik di album Hyde dia ciptakan sendiri dan masih sureal dengan sisipan romantis. Begitu pun dengan grup unit VAMPS bersama KAZ, Hyde masih diberi kepercayaan untuk menulis semua lirik lagunya.

Satu hal dari Hyde yang begitu hebat. Dia selalu konsisten. Dari segi musik maupun lirik. Tidak ada kalimat yang sama untuk setiap lirik pada ribuan lagunya. Walaupun tema yang dianut tidak jauh berbeda untuk satu lagu dan lagu lainnya. Tapi itu yang jadi ciri khas lirik Hyde.

Lirik adalah bagian terpenting dari sebuah lagu. Bagaimana menyampaikan sebuah musik adalah dari apa yang dinyanyikan oleh sang vokalis. Hyde telah berhasil menyampaikan pesan dari musik Laruku dengan liriknya yang unik namun indah, dan membawa pendengarnya jauh ke dalam arti dari rangkaian kata tersebut.

dHie 7 Des 2015

Author:

From individual become social person. Taking a chance even in a really uncomfortable situation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s