Posted in kyouzai

Psikolinguistik


Psikolinguistik adalah studi mengenai penggunaan bahasa dan perolehan bahasa oleh manusia (Levelt, 1975). Dari definisi ini terlihat ada dua aspek yang berbeda, yaitu pertama perolehan yang menyangkut bagaimana seseorang, terutama anak-anak belajar bahasa dan kedua penggunaan yang artinya penggunaan bahasa oleh orang dewasa normal. Levelt, membagi Psikolinguistik ke dalam tiga bidang utama sebagai berikut:

1)      Psikolinguistik umum

Psikolinguistik umum adalah studi mengenai bagaimana pengamatan atau persepsi orang dewasa tentang bahasa dan bagaimana ia memproduksi bahasa. Selain itu, juga mempelajari mengenai proses kognitif yang mendasarinya pada waktu seseorang menggunakan bahasa.

2)      Psikolinguistik perkembangan

Psikolinguistik perkembangan adalah suatu studi psikologi mengenai perolehan bahasa pada anak-anak dan orang deewasa, baik perolehan bahasa pertama (bahasa ibu) maupun bahasa kedua.

3)      Psikolingustik terapan

Psikolingustik terapan adalah aplikasi dari teori-teori psikolinguistik dalam kehidupan sehari-hari pada orang dewasa ataupun pada anak-anak. Dalam bidang terapan ini masih dibedakan menjadi:

(a)   Applied General Psycholinguistics,

–          Normal Applied General Psycholinguistics = membahas pengaruh perubahan ejaan terhadap persepsi kita mengenai ciri visual dan kata-kata.

–          Abnormak Applied General Psycholinguistics = mempelajari kesukaran orang yang menderita aphasia.

(b)   Applied Developmental Psycholinguistics

–          Normal Applied Developmental Psycholinguistics = bagaimana membuat kurikulum belajar membaca dan menulis dengan metode global atau sintesis atau yang lainnya.

–          Abnormal Applied Developmental Psycholinguistics = membahas metode untuk anak-anak yang mengalami keterlambatan dalam mempelajari bahasa.

Bagian

Sub Bagian

Contoh

Psikolinguistik Umum (General) Persepsi Auditif

Visual

Mendengarkan

Menulis, Membaca

Kognitif Ingatan

Berpikir

Intuisi

Verbal Memory

Verbal Thinking

Produksi Auditif Visual Berbicara, Menulis
Psikolinguistik Perkembangan (Development) Bahasa Pertama (bahasa ibu)

Bahasa Kedua

Struktur kalimat dua kata

Belajar membaca interferensi atau kemudahan (facilitation) yang disebabkan oleh bahasa pertama atau bahasa ibu

Psikolinguistik Terapan (Applied) Umum Normal Studi tentang ejaan
Menyimpang Aphasia
Perkembangan Normal Kurikulum untuk belajar membaca
Menyimpang Gagap, buta warna, dyslexia

Menurut G. Kempen (1976), psikolinguistik adalah studi mengenai manusia sebagai pemakai bahasa, yaitu studi mengenai sistem-sistem yang ada pada manusia yang dapat menjelaskan bagaimana manusia dapat mengangkap ide-ide orang lain dan bagaimana ia dapat mengekspresikan ide-idenya sendiri melalui bahasa, baik secara tertulis maupun lisan.

  1. Penggunaan bahasa primer (natural languange)
  2. Penggunaan bahasa sekunder (linguistik intuition)

Menurut G. Kempen ada dua komponen yang menjadi objek studinya yaitu manusia dan bahasa.

Author:

From individual become social person. Taking a chance even in a really uncomfortable situation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s