Posted in curhat

Ocehan Tanpa Diksi


Part 1

Tujuan. Sulitnya tanpa hal tersebut. Beruntungnya walaupun masih belum terlalu jelas, saya punya. Ternyata bukan hanya satu. Maka dari itu, dari semua tujuan tersebut kita harus tahu mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, karena tidak memungkinkan untuk jalan ke dua arah yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Setelah itu, kita juga harus tahu apakah yang kita prioritaskan tersebut sudah benar-benar menjadi prioritas utama. Kita harus mampu memilah yang mana yang harus didahulukan dan yang mana yang bisa kita sisihkan terlebih dahulu. Tentunya kita harus punya kebijakan atau virtue dalam memilih, tapi mana mungkin untuk diri sendiri saja kita tidak bisa bersikap bijak?

Bijak… memang sangat sulit, namun hal-hal seperti itu hanya bisa kita pelajari dengan diawali dari diri sendiri, contohnya dengan tahu prioritas sendiri. Seorang dosen saya berkata bahwa setiap hal itu harus dengan perecanaan, agar tidak melenceng jalurnya. Bayangkan saja jika ternyata kita sekarang melakukan hal yang sebenarnya bisa dilakukan lain kali, dan hal yang harus kita lakukan saat ini ada di daftar kita paling belakang. Mungkin yang terjadi adalah kalang kabut dan lebih parah lagi menyesal, mengapa tidak kita lakukan terlebih dahulu? Setidaknya itu yang pernah saya alami. Karena itu sekarang saya tidak mau diburu waktu, We got all the time in the world.

Dalam memilih, kita harus tenang dan kepala harus dingin agar tidak salah pilih. Jangan berpikir tentang pilihan yang sulit dulu, seperti pilihan jalan hidup misalnya, pasti akan terasa berat di usia kita yang baru menginjak dewasa. Cobalah memilah hal-hal yang kita lakukan sehari-hari dan buatlah daftar prioritasnya. Walaupun kadang spontanitas adalah hal yang paling aman dan selalu menyelamatkan kita dari kebingungan, kita tidak bisa selamanya bergantung pada hal itu. Karena dalam perencanaan yang kita buat pun harus selalu ada yang dinamakan ‘hal-hal tidak terduga’.

Author:

From individual become social person. Taking a chance even in a really uncomfortable situation.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s